Tips Photoshop: Menggunakan Smart Object

Photoshop telah banyak berevolusi selama beberapa tahun ini. Sekarang ada banyak sekali tool di Photoshop untuk mempermudah para desainer membuat desain sesuai dengan keinginan mereka. Mengetahui cara menggunakan Smart Object adalah salah satu trik untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Dengan menggunakan Smart Object, desainer dapat melakukan banyak editing pada layer tersebut tanpa merusak kualitas dan karakteristik asli dari image tersebut. Jadi Smart Object sebenarnya adalah sebuah file di dalam file.

Bagaimana cara membuat Smart Object?

  • Untuk mengubah layer di Photoshop, klik kanan pada layer dan pilih “Convert to Smart Object”. Bisa juga melalui menu Layer > Smart Objects > Convert to Smart Object.
  • Buka image, vector, atau seluruh PSDs sebagai Smart Objects dengan mengklik File > Open as Smart Object
  • Copy vector langsung dari Illustrator dan paste sebagai Smart Object ke Photoshop
  • Place image sebagai Smart Objects secara langsung ke dokumen Photoshop dengan cara File > Place.

smartobject1

Begitu Smart Object telah dibuat, image tersebut dapat diedit dengan double click thumbnail dari layer. Sebuah window baru akan terbuka dalam program apapun image tersebut berasal. Dari sini, kamu bisa mengedit dan menyimpan file tersebut setelah selesai. Ketika kamu kembali ke window awal Photoshop, Smart Object tersebut akan terupdate secara otomotis. Gampang kan?

Selain mudah untuk diupdate, masih banyak keuntungan lain dalam menggunakan Smart Object.

Menerapkan Filter Tanpa Merusak Image: Filter dapat ditambah, dihapus, disembunyikan, dan diubah tanpa merubah image asli.

Membersikan Panel Layers: Dengan menggunakan Smart Object, kita bisa menggabungkan layer-layer yang kita inginkan dan mengubahnya menjadi Smart Object.

Transformasi Tanpa Mengurangi Kualitas: Layer Smart Object dapat diresize dan ditransformasi dengan segala cara tanpa merusak image asli. Sebagai contoh, kalau kamu mengubah ukuran image menjadi kecil. Jika dirasterize, memperbesar image itu kembali bisa menjadikan image tersebut blurry. Tapi jika image tersebut dijadikan Smart Object sebelum ukurannya diubah, image tersebut bisa diperbesar lagi tanpa mengubah datanya sama sekali. Selama image tersebut tidak ditransformasi melebihi dimensi aslinya, image tersebut bisa ditransformasikan lagi dan lagi.

smartobject2 smartobject3

Update Banyak Layer dengan Sekali Klik: Smart Object juga bisa mengupdate banyak layer yang elemennya sudah diduplikat. Tinggal mendouble click salah satu elemen lalu edit dan simpan. Ketika kamu kembali ke dokumen Photoshop, image tersebut sudah terupdate!

Smart Objects memang sangat menghemat waktu, tapi jangan terlalu sering menggunakannya. Terlalu banyak Smart Objects bisa menambah ukuran file. Kalau kamu sudah puas dengan editan yang kamu buat, Smart Object bisa dirasterize, sebab Smart Object tidak bisa menggunakan burn tool, paint brush, dan tool-tool sejenisnya.

10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s