Most Owned Posters

Kalian tahu kan poster banyak kegunaannya. Seringkali poster dijadikan sarana iklan atau promosi, propaganda, protes, dan lain-lain yang merupakan upaya mengomunikasikan sebuah pesan. Poster juga digunakan untuk mereproduksi sebuah karya seni, terutama yang terkenal, karena jauh lebih murah daripada karya seni aslinya.

Tapi poster yang ingin saya bahas kali ini adalah poster yang digunakan untuk menghias kamar atau ruangan kalian. Biasanya poster semacam ini dipasang untuk menunjukkan jati diri kalian. Nah, poster apa sih yang paling banyak dimiliki orang? Berdasarkan pengalaman dan survey dengan orang-orang sekitar, inilah Top 10 Most Owned Posters.

10. Tabel Matematika atau Tabel Periodik

Oh, come on. Jaman SD dulu pasti kalian sempat punya poster tabel matematika kan? Ditempelnya di dekat-dekat meja belajar supaya gampang “nyontek”nya pas lagi ngerjain PR. Dulu saya punya tabel perkalian dan pembagian. Dan jujur dengan adanya tabel matematika yang ditempel di dalam kamar, saya jadi lebih mudah menghafalnya.

9. 4 Sehat 5 Sempurna

 

Haha. Nggak ada kan poster makanan junk food dipajang di rumah? Poster yang satu ini bertugas mengingatkan makanan apa saja yang harus kamu makan. Apakah sudah sehat? Jangan lupa minum susu supaya sempurna.

8. Habib

This is very common in Indonesia. Kenapa saya nggak sebut poster foto tokoh agama? Saya nggak tahu tentang penganut agama lain, ya, tapi untuk penganut agama Islam, seumur-umur saya nggak pernah lihat foto ustad dipajang di rumah seseorang. Jangankan ustad biasa, ustad seleb aja nggak pernah. Tapi kalo foto Habib… banyak! Tapi nggak sembarang orang juga yang punya poster foto Habib. Biasanya yang punya ya anggota pengajian yang dipimpin oleh Habib tersebut. Jadi poster semacam ini biasanya hanya ada di kalangan eksklusif.

7. Film

Lho, kayak di bioskop dong? Nggak. Film yang biasanya ditempel di kamar atau di rumah bukan film biasa, tapi film yang punya die-hard fans. Buat apa film biasa ditempel di rumah? Nggak seefektif ditempel di jalan kan? Tapi kalo film yang punya ‘worshipper’, nempelin poster filmnya di rumah adalah salah satu bentuk identity. Dengan adanya poster film tersebut, si empunya poster bisa mengungkapkan, “Gue adalah fans fanatik film ini. Gue tau segalanya tentang film ini.” Contoh poster film yang paling banyak dimiliki di rumah adalah Star Wars, Godfather, Scarface, dan sejenisnya.

6. Anime

Anime atau kartun Jepang adalah salah satu poster yang paling sering ditemukan di rumah. Beda sama kartun Amerika, die-hard fans anime jauh lebih banyak, jadi fungsinya sama-sama sebagai identity. Saya punya poster anime yang sampai detik ini masih dipajang di dalam kamar. Fans anime Naruto, Bleach, One Piece, sampai Attack on the Titans minimal punya posternya lah ya kalo nggak sekalian koleksi action figurenya.

5. Car

Biasanya cowok nih yang punya poster mobil dalem kamarnya. Entah mereka cuma ngefans sama mobil itu, atau poster tersebut adalah motivasi: gue harus beli mobil ini suatu saat nanti.

4. Girl

Again, this only applies to boys. Poster cewek yang saya maksud bukan poster role model, semisal cewek punya poster Miley Cyrus atau Selena Gomez dalem kamarnya. Tapi poster cewek cantik, seductive, dengan pakaian nan minim. Kayaknya kalo cewek jarang ada yang punya poster cowok dengan karakteristik yang mirip. (Poster Taylor Lautner as werewolf dengan body bulky and muscly, maybe?) Tapi kalo poster selebritis idola mereka, ditempel di langit-langit kamar mereka kaya Princess Fiona nempel poster Sir Justin, itu wajar banget.

3. Olahragawan

Muhammad Ali, Michael Jordan, Valentino Rossi… para olahragawan ini sangat sering ditemukan dalam bentuk poster. Sama seperti mobil, selain karena ngefans sama olahragawan tersebut, orang yang memiliki poster olahragawan mungkin menjadikannya motivasi: gue harus bisa kaya dia.

2. Sports Team

Ada yang nempelin poster olahragawan, ada juga yang nempelin poster timnya. Olahragawan kayak Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo pasti fansnya punya poster mereka dong? Bisa jadi. Tapi lebih banyak punya yang mana, poster Lionel Messi atau Barcelona? Pasti Barcelona-nya.

1. Musician

Nah, ini dia. Mulai dari Bob Marley sampai Super Junior; Jim Morrison sampai Rhoma Irama, kalo kalian nggak punya poster yang disebutin di atas, paling nggak kalian punya poster musisi di rumah kalian. Dulu saya punya poster band The Moffatts (yes, jadul, I know) yang saya tempel di dekat tempat tidur saya, jadi saya bisa ngeliatin mereka sambil tidur supaya bisa mimpiin mereka. Hahahaha…

Nah, sedikit cerita tentang saya nih. Saya sendiri nggak sembarangan nempelin poster di rumah saya. Kenapa? Karena saya sayang sama posternya kalo cuma ditempel pake selotip. Jadi poster yang saya mau pajang harus dipakein frame, biar bagus, nggak rusak, dan nggak kotor.

Sampe detik ini ada dua poster yang masih tergantung di dinding kamar saya. Yang pertama adalah poster Sailor Moon minus Sailor Moon-nya. Loh? Iya, di poster ini cuma ada Sailor Mercury, Sailor Venus, Sailor Mars, dan Sailor Jupiter. Kayaknya saya udah punya poster itu sejak SD. Benar kan? Sesuai dengan list number 6, saya punya poster anime.

Poster yang satu lagi adalah poster Tata Surya. Sama seperti si Sailor Moon, poster ini juga udah puluhan tahun umurnya. Makanya masih ada Pluto di jajaran para planet. Saya punya poster ini karena dulu saya bercita-cita jadi astronot. Jadi sejak saat itu saya apalin semua planet yang ada di Tata Surya, beserta jarak mereka ke matahari, ukuran besarnya, lama rotasinya, juga lama revolusinya. Tapi begitu saya tahu kalau mau jadi astronot harus jago fisika, ermm… nggak jadi deh. Saya mau jadi desainer aja. Hahahaha…

Nah gimana dengan kamu? Apa kamu punya poster di rumah? Apa ada jenis poster lain yang banyak dimiliki orang-orang? I’d love to hear about it.

10

 

Leave a Reply

